Pemkab Tubaba Gandeng Ombudsman Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

TULANG BAWANG BARAT (KANDIDAT)—

Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, bekerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah Kabupaten setempat secara berkelanjutan.

Kedatangan jajaran Ombudsman tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubaba, melalui Bagian Organisasi sekretariat Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Rabu (13/08/2025).

Pada kesempatan itu, Bupati Novriwan Jaya, menyampaikan apresiasi atas kedatangan jajaran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir dan bersinergi bersama Pemkab Tubaba.

“Kehadiran Ombudsman hari ini merupakan kehormatan sekaligus motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah ini” Kata Novriwan.

Menurutnya, pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara sekaligus kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

“Tantangan ke depan adalah Bagaimana mewujudkan pelayanan yang cepat, transparan, akuntabel, dan berkeadilan di seluruh lini pemerintahan, mulai dari tingkat kabupaten hingga Tiyuh (Desa)” Terangnya.

Sinergi dengan Ombudsman merupakan sebagai langkah strategis untuk memastikan standar pelayanan publik sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

“Melalui pendampingan, evaluasi, dan masukan dari Ombudsman, diharapkan setiap unit pelayanan mampu memperbaiki kekurangan, memperkuat inovasi, serta membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat” Jelasnya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, dalam sambutannya menegaskan, pihaknya akan terus mendorong dan mengawasi pelaksanaan pelayanan publik di Tubaba agar lebih profesional dan bebas dari praktik maladministrasi.

“Pelayanan publik bukan hanya soal memenuhi prosedur, tapi juga soal menghadirkan kenyamanan, kepastian, dan rasa keadilan bagi masyarakat. Jangan ada pegawai yang malas, jarang masuk, tapi menerima tunjangan kinerja sama seperti yang rajin” Tegas Kepala Ombudsman

Lanjut dia, Disiplin merupakan kunci, dan penghargaan harus diberikan kepada mereka yang berprestasi, sebab itu, Ia mengajak seluruh jajaran Pemkab Tubaba untuk menjadikan momentum ini sebagai awal perbaikan berkelanjutan, dengan mengedepankan integritas, inovasi, dan keterbukaan.

“Pertemuan ini diakhiri dengan komitmen bersama antara Pemkab Tubaba dan Ombudsman Lampung untuk bekerja sama dalam membangun pelayanan publik yang tidak hanya sesuai aturan, tetapi juga memberikan kepuasan dan manfaat nyata bagi masyarakat” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala bagian (Kabag) Organisasi Pemkab Tubaba Restu, mengatakan. Dengan adanya giat bersama Ombudsman RI perwakilan Lampung ini dapat memberikan energy positif bagi seluruh ASN Tubaba dalam hal peningkatan pelayanan publik.

“pasca kegiatan bersama Ombudsman ini semoga dapat berdampak positif demi menuju Tubaba lebih baik lagi dalam hal kepatuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan publik” Pungkasnya. (Rico)